5 Cara Mengeringkan Ponsel Basah

Ponsel anda basah karena tidak sengaja jatuh ke dalam bak? Atau kehujanan saat anda tidak membawa payung. Hal – hal seperti ini sering terjadi dan kadang orang – orang melakukan cara yang salah untuk mengatasinya.

Berikut ini 5 cara mengeringkan ponsel basah yang benar :

1. Banyak orang yang setuju bahwa langkah pertama adalah mencabut baterai dari ponsel anda, secepatnya. Ketika ponsel anda terlanjut basah, jangan tergoda untuk menyalakannya terlebih dahulu untuk melihat apakah ponsel anda masih bisa menyala atau tidak karena kemungkinan terburuk dapat terjadi konslet saat ponsel menyala dalam keadaan basah. Jangan lupa mencabut kartu SIM anda, karena data di dalamnya mungkin lebih penting ketimbang ponsel anda.

2. Anda perlu fokus pada cara – cara mempercepat proses pengeringan tanpa merusak ponsel anda yang terlanjut basah. Jika ponsel anda, atau bagian kecilnya saja, basah terlalu lama, bisa – bisa menjadi berkarat. Jangan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan ponsel anda karena kemungkinan terlalu panas untuk ponsel anda.

3. Langkah ketiga adalah menghilangkan bagian kecil cairan yang tertinggal di ponsel anda dengan mengubur ponsel anda di dalam wadah yang penuh dengan beras atau silicant. Jika anda belum melakukan langkah kedua, anda dapat langsung melakukan langkah ini setelah mencabut baterai dan kartu SIM.

4. Jika 3 langkah di atas sudah anda lakukan, tetapi anda masih merasa ponsel anda belum cukup kering, anda dapat membekukannya. Ponsel anda harus dalam keadaan tanpa baterai dan kartu SIM. Caranya, taruh ponsel anda dalam lapisan dua atau tiga kertas () untuk menghindari kerusakan saat pembekuan. Kemudian taruh di freezer selama 15 – 20 menit. Ganti baterainya dan nyalakan ponsel anda. Lalu lihat apakah ponsel anda dapat menyala normal atau tidak. Jika tidak, cabut baterai, masukkan ke freezer selama 5 sampai 10 menit dan cek kembali. Kemungkinan ponsel anda akan kembali normal setelah beberapa kali percobaan.

5. Jika keempat langkah di atas tidak manjur, masih ada cara terakhir. Bheesties adalah benda yang didesain khusus untuk mengeringkan ponsel basah atau alat elektronik kecil lainnya. Anda dapat membelinya dengan harga $20, namun karena biasanya anda harus berpacu dengan waktu, sebaiknya anda membelinya jauh – jauh hari untuk berjaga-jaga.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *