4 Startup yang Berpotensi Tinggi Di Tahun 2016




Tahun 2015 sudah berlalu. Tidak dapat dipungkiri bahwa tahun itu adalah milik perusahaan layanan on-demand serta layanan transportasi. Ya, tahun 2015 adalah tahun saat Go-Jek dan GrabTaxi memulai ekspansi besar-besaran. Tidak hanya mereka banjir pendapatan, mereka juga telah sukse dalam mendirikan kebiasaan dan ekspetasi baru dari pelanggan.

Mereka telah menanamkan ide bahwa aplikasi tidak hanya dapat digunakan untuk chatting, share link, dan main game saja. Smartphone yang tersebar di kepulauan Indonesia telah menjadi alat utama dalam berinteraksi dengan dunia.

Di tahun 2016 ini, banyak perusahaan startup yang dapat terjun ke arus dunia digital. Go-Jek telah memegang bidang kebutuhan sehari-hari, yaitu transportasi. Ini dapat diartikan bahwa perusahaan startup yang menjelajahi bidang kebutuhan lain memiliki kesempatan tumbuh lebih besar tahun ini.

Berikut ini 4 Startup dari Indonesia yang punya potensi tinggi untuk tumbuh besar tahun 2016 ini :

Ruanggguru.com

Banyak yang mengatakan bahwa sistem pendidikan di Indonesia merupakan salah satu sistem pendidikan terburuk di dunia. Yah, memang banyak yang tidak dapat membantah fakta tersebut. Mengingat hasil dari beberapa tes internasional seperti yang diadakan PISA. Usaha untuk mereformasi sistem edukasi yang kacau ini tentunya akan membutuhkan waktu lama. Tidak semua orang tua dan siswa mau menunggu selama itu.

Salah satu jalan yang ditempuh adalah mencari pendidikan alternatif. Karena kebanyakan keluarga adalah keluaraga dengan ekonomi menengah ke atas, biasanya mereka menggunakan uang mereka untuk membayar guru les privat. Pilian lainnya adalah mendaftarkan mereka ke suatu lembaga bimbingan belajar.

Di sinilah Ruangguru dapat masuk. Startup dalam idang teknologi edukasi ini sebenarnya sudah diluncurkan pada April 2014 lalu. Awalnya, Ruangguru bertujuan menyambungkan tutor dengan siswa, tetapi sekarang sudah tumbuh menjadi portal online untuk kursus dan persiapan menjelang tes. Di Ruangguru juga menyediakan kursus offline.

Namun, perjalanan Ruangguru belum tentu mulus. Ada dua pesaing di kancah teknologi edukasi Indonesia. Yang pertama adalah Kelase yang menyediakan kelas online dan memiliki fitur social network. Yang kedua adalah Bulletinboard yang menghubungkan guru dengan orang tua. Untungnya Ruangguru memiliki jangkauan layanan terluas sehingga dapat menjadi terobosan dalam pasaran edukasi di Indonesia.

Agen-agen tersebut biasanya merupakan pemilik toko kecil/warung. Kudo akan memberikan tablet kepada pemilik warung untuk dapat memesan barang dari berbagai toko ecommerce. Dengan begitu, pelanggan yang biasa jajan di warung tidak perlu memiliki smartphone untuk dapat berbelanja online, karena produknya sudah ada dekat mereka.

Salah satu pesaing kuat Kudo adalah Kuma. Sampai saat ini, hanya Kudo saja yang memberikan tablet dengan software buatan sendiri yang sudah terinstall di dalamnya. Hal ini dapat memberikan keamanan lebih dan kontrol atas brand yang dijual lewat Kudo. Tetapi jika ada pesaing yang menawarkan aplikasi yang diinstal sendiri oleh pemilik warung, bisa-bisa malah menjadi penghambat pertumbuhan Kudo.

 

Moxy

Ecommerce merupakan salah satu bisnis digital yang telah berdiri di Indonesia. Dan kompetesi yang terjadi begitu banyak. Toko serba ada seperti Lazada sudah mendominasi. Di sisi lain, BukaLapak dan Tokopedia mengincar perusahaan ukuran kecil dan sedang.

Shannon Kalayanamitr, co-founder yang sekarang menjadi CMO Moxy percaya bahwa memfokuskan pada wanita, akan membuat bisnis ecommerce tertentu menjadi terlihat menonjol. Wanita telah menjadi kunci penting dalam duni belanja online di Asia. Mereka juga bisa menjadi penentu belanjaan bagi seluruh keluarganya.

Moxy memiliki strategi untuk mendirikan brand yang kuat dan menggaet perempuan di seluruh Asia Tenggara. Moxy memberikan pengalaman belanja shopping menjadi lebih kaya dan menyenangkan dengan menambahkan media konten yang dibuat khusus untuk wanita. Idenya adalah memberikan nasehat serta inspirasi untuk setiap produk yang ingin dibelu perempuan dalam kehidupannya. Mulai dari krim wajah hingga dekorasi untuk rumah.

 

Teknologi Agrikultur memang belum begitu terkenal di Indoensia. Namun, ada saatnya akan terkenal di masa mendatang. Mengingat 12% pendapatan Indonesia berasal dari pertanian, perikanan dan peternakan. Sehingga agrikultur harus lebih efisien, dapat diprediksi dan lebih menguntungkan jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Salah satu startup lokal telah menyebarkan ide ini, yakni Cybreed. Dengan produknya yang paling dapat diandalkan , eFishery. Perusahaan ini mengembangkan hardware dan software sendiri untuk memfasilitasi ikan dan udang berdasarkan gerakan ikan. hal ini dapat mengurangi kebanyakan pakan dan menghemat pengeluaran peternak ikan.

Jika eFishery menjalankan strateginya dengan bagus di tahun 2016 ini. Maka ia akan membuat standar baru dalam bidang aquafarming. Belakangan ini, Cybreed telah mengembangkan teknologi agrikultur baru yaitu robot penanam benih.

Comments

comments