3 Bahaya Dalam Email yang Perlu Anda Waspadai

Virus dan sejenisnya dapat mengancam kesehatan komputer anda. Bagi anda yang bekerja di perusahaan atau organisasi, tentunya anda akan sering membuka email. Jika anda tahu bahaya yang mengancam meallui email, anda tentunya akan mencari anti-spam. Sebelumnya, marilah kita ketahui jenis – jeins bahaya yang dapat terjadi melalui email.

  1. Malware

Dulu sering digunakan anti-spam sebagai solusi untuk memblock semua jenis file exe (executable) yang dimasukkan dalam attachment. Tujuannya untuk melindungi komputer dari virus yang disebarkan melalui email. Ada juga yang memilih untuk tidak membuka attachment kecuali yang sudah di scan oleh software anti-virus untuk email.

Perusahaan – perusahaan saat ini sudah melaksanakan prosedur keamanan semacam ini, namun ttap saja masih belum cukup. Pelaku kejahatan cyber sudah mengetahui bahwa mereka dapat menyebar malware melalui email dengan :

  • Membuat link ke sebuah situs
  • Menyamarkan nama file atau extension-nya
  • Membuat malware yang secara otomatis aktif saat email dibuka

Tidak hanya semakin pandai, serangan malware kini sudah dapat memberikan kerusakan parah kepada komputer, bahkan ke penggunanya langsung.

Dewasa ini, malware digunakan untuk mencuri informasi vital, merekam password yang diketikkan dan bahkan mencuri data untuk digunakan sebagai bahan pemerasan.


2. Phising

Phising mulai terkenal sejak ada yang menggunakannya untuk mencuri akun AOL melalui pesan singkat.

Seperti halnya malware, phising sudah berkembang pesat. Para scammer mengirim email yang identik dengan email yang ditulis oleh, misalnya bank. Akan ada link yang diselipkan ke dalam email yang akan membuka situs berisikan pemalsuan. Para user yang tidak berpengalaman maupun yang tidak curiga akan langsung membuka situs tersebut tanpa tahu bahwa mereka sudah terkena scam.

Tanpa adanya teknologi yang mampu mendeteksi phising tetapi tidak mencegah email yang asli dikirimkan, kemungkinan keamanan para pengguna email berada dalam bahaya.

3. Spam

Tingkat bahaya spam naik turun beberapa tahun ini, tetapi lebih dari 75 % email yang diterima orang – orang dapat digolongkan sebagai spam dalam bentuk apapun.

Meski begitu, spam merupakan batu sandungan bagi perusahaan dan pebisnis karena :

  • memakan kapasitas penyimpanan
  • membuang – buang waktu untuk membuka banyak email
  • dapat menjadi wadah malware
  • sumber phising

Organisasi apapun pasti butuh solusi anti-spam. Organisasi kecil – kecilan yang membutuhkan sumber daya lebih sedikit membutuhkan anti-spam yang mudah diatur, memberikan proteksi bagus dengan harga rendah dan yang terpenting, mampu secara aktif men-scan email untuk mencari hal – hal berbahaya bagi komputer.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *