10 Tips Merawat Gadget Agar Lebih Awet

Sekarang ini hampir setiap orang pasti menggunakan dan mempunyai gadget sebagai alat untuk menunjang kemudahan dalam berbagai aktivitas. Tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita, kemajuan teknologi ini memang telah menjadi trend dan bahkan sudah seperti kebutuhan pokok. Penggunaan gadget tidak hanya untuk aktif bersosial media, tetapi bisa lebih luas untuk mengakses informasi dan menyalurkannya lagi kepada ranah yang lebih luas.

Ketergantungan pada gadget membuat kita menjadi sangat dekat dengannya dan hampir tidak pernah bisa melepaskannya kecuali saat kita tertidur. Dan karena ketergantungan yang sangat inilah, terkadang kita abai saja dengan kondisi gadget yang kita gunakan sehari-hari tanpa memperhatikan bahwa gagdet kita ini juga butuh treatment dan perlakuan khusus agar dapat bekerja maksimal dan memudahkan kita dalam berbagai hal.

Berikut ini adalah 10 tips untuk merawat gadget kita agar lebih awet dan dapat terus menemani aktivitas kita sehari-hari.

1. Isi Baterai Setelah Habis Total

Agar awet, jangan biarkan baterai smartphone habis total, tapi isi ulang saat berada pada level 10-20%. Proses isi ulang yang dimulai dari 0% akan memakan waktu lebih lama. Selain itu baterai yang dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat karena aus. Dan jangan sering-sering mengisi ulang baterai lewat laptop!

2. Jangan Sering Dicas Semalaman

Rata-rata smartphone dan gadget lainnya telah dibekali teknologi canggih yang akan membuat aliran listrik berhenti saat baterai penuh. Tapi bukan berarti ini 100% aman bagi baterai. Akan lebih baik jika kamu cabut baterai saat indikator pengisian telah mencapai 90%, tidak harus menunggu 100%.

3. Jangan Gunakan Charger yang Bukan Bawaan

Di pasaran, banyak beredar adapter charger yang dibekali kemampuan fast charging. Namun perlu diketahui isi ulang baterai dengan charger palsu atau bukan bawaan itu berbahaya. Pastikan untuk hanya menggunakan charger yang bukan bawaan jika dalam keadaan darurat saja.

4. Jangan Mengisi Ulang Sambil Tetap Dipasangi Case Tambahan

Case tambahan seperti hardcase, softcase, atau bumper memang akan membuat smartphone jadi aman dan nyaman digunakan. Tapi penggunaan case tambahan saat proses isi ulang baterai justru akan membuat smartphone cepat rusak karena aliran panas di permukaan jadi terhalang. Sebaiknya cabut case apa pun dari smartphone saat diisi ulang.

5. Jangan Terlalu Sering Mengecas Baterai Laptop

Wajar jika laptop kamu terus-terusan dicas karena takut kehabisan baterai saat mengetik tugas kantor atau kampus. Tapi agar laptopmu awet, sebaiknya biarkan baterai laptop kosong 0% setiap 3 bulan sekali untuk menjaga akurasi status battery bar.

6. Hindari Memangku Laptop Saat Digunakan

Menonton film di laptop sambil bersandar di kasur memang seru dan nyaman jika memangku laptop atau menyimpannya di atas bantal. Tapi ini akan membuat sirkulasi panas terganggu, sehingga memicu overheat. Maka dari itu sebaiknya simpan laptop saat digunakan di tempat datar (meja) atau di atas alat khusus yang dilengkapi kipas pendingin.

7. Jangan Gunakan Laptop Saat Hujan Badai

Saat hujan badai disertai petir, sebaiknya kamu tidak menggunakan gadget dalam keadaan terhubung dengan sumber listrik. Ini sangat disarankan agar aliran listrik yang terpengaruh petir tidak naik turun selama proses pengisian ulang.

8. Jangan Sembarangan Menyimpan Smartphone di Tas

Entah karena takut mandul oleh radiasi smartphone di saku celana atau karena merasa praktis dan aman, kamu pasti lebih suka menyimpan smartphone di dalam tas. Tapi jika ingin awet, sebaiknya simpan smartphone di dalam tas hanya jika dilengkapi case pelindung layar agar tidak tergores dengan isi tas kamu.

9. Rajin Membersihkan Laptop

Dua kali dalam setahun, sangat disarankan untuk membersihkan bagian dalam laptop. Ini tujuannya agar kinerja laptopmu tetap terjaga. Saat mulai sering mendengar suara bising dari dalam laptopmu, segera bongkar dan bersihkan dari debu agar kinerja laptopmu tetap kencang dan nyaman.

10. Hindari Membuka Laptop di Bawah Sinar Matahari Langsung

Hindari penggunaan laptop di bawah sinar terik matahari langsung. Kontak terlalu lama dengan cahaya matahari bisa membuat ketajaman layar laptopmu menurun.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *