10 Password yang Mudah Diretas dalam Satu Detik

Teknonisme.com – Banyak di antara kita tidak peduli dengan kata sandi yang digunakan untuk masuk ke akun-akun dunia maya milik kita sendiri. Sehingga, kita seringkali menggunakan berbagai macam kata sandi yang sangat mudah ditebak para hacker di dunia maya.

Kata sandi seperti apa yang wajib kita hindari dan berapa lama waktu yang biasa dihabiskan para hacker untuk mencuri identitas bahkan rekening bank kita di internet?

Para ahli teknologi dari perusahaan retail online AO.com mengungkapkan 10 jenis kata sandi yang paling sering digunakan pemilik akun dunia maya. Kata sandi seperti qwerty dan 123123 merupakan kata sandi yang paling mudah untuk diretas dalam jangka waktu satu detik.

Sementara itu, beberapa orang berfikir kata sandi menggunakan kata-kata yang mudah diingat, seperti nama pasangan cukup aman untuk digunakan. Padahal hal semacam itu pun tidak membuat akun kita terhindar dari retasan.

Perlu diketahui, para peretas akan menjelajahi profil pengguna akun dan mencari tahu tentang tanggal lahir, tempat lahir, nama pasangan, nama hewan peliharaan, dan yang berhubungan dengan si empunya akun, sebelum melakukan peretasan.

Kata-kata sandi semacam itu akan sangat mudah diretas hacker dalam waktu hanya 13 menit.

Namun, ada cara untuk menciptakan kata sandi yang sulit dilacak dan diretas para hakcer, bahkan hingga jangka waktu empat juta tahun sekalipun. Kata sandi tersebut sebaiknya berisi kata-kata acak yang tidak saling berkaitan satu sama lain, seperti “teabrownpicture”.

Untuk mengetahui kata-kata sandi apa saja yang patut dihindari dan dibuat, teknonisme.com telah merangkumnya seperti dilansir Dailymail, Minggu (22/10).

Kata-kata paling mudah diretas: 123123123, 111111, 12345678. 987654321, qwerty, password, 1234567890, 123456, 123456789, 123454321.

Kata-kata yang harus dihindari: nama pasangan, tanggal lahir, nama hewan peliharaan, tempat lahir, alamat rumah, tim olahraga favorit, atau hobi favorit, serta nama tempat yang paling favorit dikunjungi.

Bagaimana Menciptakan Kata Sandi yang Baik?

  1. Memilih kata-kata acak yang tidak berkaitan satu sama lain
  2. Tambahkan nomor pada kata-kata acak yang Anda gunakan
  3. Selalu menggunakan kata sandi berbeda setiap akun

Kombinasi kata acak yang digunakan untuk mengisi kata sandi tersebut akan memakan waktu bagi para peretas menemukannya selama 35 ribu tahun, sementara kata-kata acak yang digabung dengan angka berbeda akan memakan waktu untuk diretas selama 227 juta tahun lamanya.

Menggunakan kata-kata acak bersamaan dengan angka dan simbol, akan mengamankan akun Anda selamanya, atau setidaknya selama empat juta tahun lamanya, sementara untuk lebih mengamankan akun-akun Anda, sebaiknya menggunakan kata sandi berbeda untuk setiap akun yang dimiliki.

Hal tersebut akan membuat semua akun media sosial, email, bahkan rekening bank Anda aman dari retasan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *