10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bos Google!

Teknonisme.com – Siapa tak tahu Google? Situs mesin pencari yang saat ini sangat dibutuhkan banyak orang pecinta internet ini tentu tak perlu diragukan lagi.

Namun, tahukah kamu siapa bos Google saat ini? Ia adalah Sundar Pichai, pria berumur 45 tahun tersebut berasal dari India. Ingin tahu lebih banyak sosok yang memimpin perusahaan mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia tersebut? Mari kita simak fakta menarik tentang Sundar Pichai, dilansir dari Gadgets Now, Jumat (1/12).

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bos Google

Berasal dari keluarga sederhana

Sundar Pichai memiliki nama lengkap, Pichai Sundrarajan itu adalah anak yang lahir dari keluarga yang sederhana. Semasa kecil, ia tumbuh dan berkembang di Chennai. Ayahnya merupakan seorang teknisi listrik, sedangkan ibunya adalah seorang stenografer. Keduanya hanya menjalani pendidikan sampai sekolah menengah, tanpa kuliah.

Dikenal sebagai penghafal hebat

Sejak kecil, Pichai dikenal dengan kemampuan menghafalnya yang luar biasa. Keluarganya mengetahui bakat menghafal Pichai tersebut saat ia bisa mengingat setiap nomor telepon yang dia panggil di telepon putar mereka.

BACA JUGA: Inilah Alasan Mozilla Lebih Pilih Google Dibanding Yahoo

Menjadi Kapten Tim Kriket di SMA-nya

Ketika ia datang ke New Delhi, India tahun 2015 lalu, ia bermain kriket. Pichai yang menghadiri acara Padma Seshadri Bala Bhavan di Chennai, mengaku bahwa dulunya ia adalah seorang kapten tim kriket di SMA-nya.

Ia memiliki gelar-gelar di bidang teknik dan memiliki gelar master ganda

Cinta Pichai terhadap teknologi membuatnya mengejar teknik sebagai pilihan karir. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia meraih gelar sarjana teknik dari Institut Teknologi India, di Kharagpur. Ia juga meraih dua gelar master, pertama MS dari Stanford University dan MBA dari Wharton School, University of Pennsylvania.

Berkarir sebelum adanya Google

Sebelum bergabung dengan Google di 2004, ia pernah bekerja di Applied Materials and McKinsey & Company.

BACA JUGA: Google Tambah Fitur Ini Untuk Perangi Malvertising

Bergabung dengan Google tahun 2004

Sundar Pichai diwawancarai Google pada 1 April 2004, sebuah hari penting bagi perusahaan tersebut, di mana Gmail juga diluncurkan di hari yang sama.

Dia bahkan mengakui, jika dia pernah berpikir bahwa Google membuat lelucon terkait peluncuran Gmail di Hari April Mop saat itu.

Dia bergabung dengan Google menjadi pimpinan manajemen produk untuk Google Chrome dan Chrome OS. Ia juga bertanggung jawab atas perkembangan Gmail, Gmaps, dan Google Drive.

Mengambil alih Android di tahun 2013

Pada tahun 2013, Pichai menggantikan posisi pendiri Android Andy Rubin. Pada tahun 2014, proyek ‘Android One’ yang dikembangkan Pichai di luncurkan di India. Gagasan dari proyek ini adalah untuk menyediakan smartphone yang terjangkau di seluruh dunia.

Menjadi tangan kanan Larry Page

Setelah membuat berbagai proyek yang dikatakan berhasil, seperti Chrome, Apps, Android, Pichai dipilih sendiri oleh Larry Page untuk mengawasi langsung sebagian besar area produk perusahaan.

Portofolio Pichai pun bertambah karena berhasil mengembangkan produk-produk Google di dunia, antara lain Search, Google+, perdagangan, dan iklan, serta infrastruktur Google.

BACA JUGA: Google Luncurkan Cara Kembangkan Website yang Lebih Baik

Manajer pria yang hebat

Banyak rekannya mengatakan Pichai merupakan orang yang lemah lembut, dan telah menjadi tangan kanan Larry Page, pendiri Google. Pichai menunjukkan pengabdian kepada timnya ketika bekerja di bawah Marissa Mayer, yang kemudian menjadi eksekutif kunci di Google.

Menurut informasi yang didapat dari Amir Efrati, “Pichai biasa menunggu berjam-jam di luar kantornya, untuk memastikan bahwa dia memberi skor kinerja kerja yang solid.”

Selain keterampilan manajemennya, Efrati juga mengatakan Pichai juga melakukan diet untuk tubuhnya ketika dibutuhkan.

Twitter dan Microsoft ingin mempekerjakannya

Sundar Pichai didekati Twitter pada 2011 untuk menggantikan posisi Jason Goldman. Namun, Pichai tetap setia kepada Google. Bahkan, Microsoft sempat mencoba merebut Pichai dari Google, namun perusahaan mesin pencari tersebut telah melakukan negosiasi kepada Pichai seharga USD 50 juta per tahun dari saham.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Google atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *